INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Laili Rif’ah Maftuhah, S.Pd.I
Email: lailimaftuhah1@gmai.com
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan, kurikulum mempunyai peranan yang sangat signifikan.Bahkan bisa dikatakan bahwa kurikulum adalah salah satu kunci keberhasilan proses pendidikan.Hal ini berkaitan dengan penentuan arah, isi, dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan.
Semua orang berkepentingan dengan kurikulum, sebab kita sebagai orang tua, sebagai warga masyarakat, sebagai pemimpin formal ataupun informal selalu mengharapkan tumbuh dan berkembangnya anak, pemuda, dan generasi muda yang lebih baik, lebih cerdas, lebih berkemampuan. Kurikulum mempunyai andil yang cukup besar dalam melahirkan harapan tersebut. Oleh karenanya, Nana Syaodih berpendapat bahwa kurikulum adalah menyangkut rencana dan pelaksanaan pendidikan baik dalam lingkup kelas, sekolah, daerah, wilayah maupun nasional.[1]
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran, menentukan proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Mengingat pentingnya peran kurikulum dalam pendidikan dan perkembangan kehidupan peserta didik, maka pengembangan kurikulum tidak bisa dikerjakan sembarangan, harus berorentasi kepada tujuan yang jelas sehingga akan menghasilkan hasil yang baik dan sempurna.[2]
Disamping itu, program pendidikan harus dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan diorentasikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang dan akan terjadi. Oleh karena itu, kurikulum sekarang harus dirancang oleh guru bersama-sama masyarakat pemakai.Untuk bisa merancang kurikulum yang demikian, guru harus memiliki peranan yang amat sentral. Oleh karena itu pula, kompetensi manajemen pengembangan kurikulum perlu dimiliki oleh setiap guru di samping kompetensi teori belajar.
Pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang sengaja didirikan dan diselenggarakan dengan hasrat dan niat (rencana yang sungguh-sungguh) untuk mengejawantahan ajaran dan nilai-nilai Islam, sebagaimana tertuang atau terkandung dalam visi, misi, tujuan, program kegiatan maupun pada praktik pelaksanaan pendidikannya. Inovasi kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu perwujudan dari pengembangan sistem pendidikan Islam.[3]
Di tengah pesatnya inovasi pendidikan, terutama dalam konteks pengembangan kurikulum, sering kali para guru PAI merasa kebingungan dalam menghadapinya. Apalagi inovasi pendidikan tersebut cenderung bersifat top-down innovation dengan strategi power coercive atau strategi pemaksaan dari atasan (pusat) yang berkuasa. Inovasi ini sengaja diciptakan oleh atasan sebagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam ataupun untuk meningkatkan efisiensi serta efektifitas pelaksanaan PAI dan sebagainya.
- Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
- Apakah pengertian inovasi dan kurikulum?
- Bagaimana dasar kurikulum pendidikan?
- Bagaimana inovasi kurikulum pendidikan agama Islam?
- Tujuan Penulisan Makalah
Sesuai dengan rumusan masalah, penulisan makalah ini bertujuan untuk :
- Untuk mengetahui pengertian inovasi dan kurikulum.
- Untuk mengetahui dasar kurikulum pendidikan.
- Untuk mengetahui inovasi kurikulum pendidikan agama Islam.
- Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi usaha untuk terus memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan agama Islam. Melalui pengkajian secara mendalam tentang inovasi kurikulum pendidikan agama Islam, diharapkan akan ada peningkatan kualitas pendidikan agama Islam. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator:
- Muncul paradigma atau mindset baru pada tenaga pendidik untuk senantiasa berinovasi dalam meningkatkan kualitasn pendidikan agama Islam.
- Terdapat rumusan baru tentang kurikulum pendidikan agama Islam yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Peserta didik dapat menjalankan proses belajar mengajar dengan terarah, sistematis, ilmiah, dan merasa senang, serta nyaman.
- Prestasi peserta didik semakin meningkat akibat inivasi kurikulum pendidikan agama Islam.
Untuk selengkapnya klik link di bawah ini
https://smpn1jumo.sch.id/files/5-laili_inovasi_kurikulum_pai.docx
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.3 “COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK"
- KONEKSI ANTAR MATERI MODUL
- PENDIDIKAN NILAI DAN KARAKTER DALAM TRADISI MASYARAKAT JAWA
- PERKEMBANGAN AGAMA ANAK USIA DINI
- PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI MELALUI SIKAP TAWADHU’ DAN PEMBIASAAN MUJAHADAH
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :
Komentar :
Kembali ke Atas